TAK SAMPAI TERJEBAK DALAM KEMAJUAN INTERNET

Internet sekarang sudah menjadi gaya hidup hampir seluruh orang. Mereka dapat memanfaatkan layanan internet tanpa kendala sama sekali baik buah hati-si kecil sampai orang dewasa. Lebih-lebih kini banyak pula web web yang menayangkan panduan komputer dan telpon seluler tentang bagaimana sistem mengaktifkan dan menggunakan dunia maya dalam perangkat-perangkat hal yang demikian. Di satu sisi memang benar-benar berguna semua berita yang diberikan tersebut, akan namun apabila penggunanya tidak bijak dalam menangkap isu, sudah tentu ilmu dunia maya yang diresapi justru akan menjebak penggunanya dalam dunia maya yang berkepanjangan.

Sekiranya diamati, pengguna internet yang notabene merupakan orang-orang terpelajar justru memanfaatkan internet untuk hal-hal yang terkadang jauh dari ilmu pengetahuan, semisal merupakan untuk bermain game online. Tetapi hal yang demikian memang bisa dibilang legal-resmi saja selama penggunaannya tak menimbulkan resiko dan efek lain dalam sisi kehidupan kongkrit. Apalagi sistem dunia maya yang seperti ini dijalankan bertujuan untuk mengisi waktu lengang, bisa dikatakan tak akan merugikan siapa malah. Panduan jika sudah mengganggu kehidupan kongkrit si pengguna, wah bermain game online secara berlebihan dapat membikin gamers-nya menjadi sinting lho.

Ada pula pengguna internet yang menerapkan jaringan internet sebagai gelanggang saling berbagi antar sesama kawan dan kerabat via aplikasi media sosial. Namun komputer ataupun telpon pintar aplikasi seperti ini memang segera betul-betul populer semenjak diluncurkan oleh providernya. Tutorial eits, kalau tak bijak dan berhati-hati, hal-hal buruk mungkin saja bisa menimpa pada pemilik akun sosial media yang tak jago.

Masih ingat kan kasus pembohongan melalui media sosial, atau debat pro kontra para pengguna internet tentang politik yang membuat mereka malahan saling bermusuhan sampai ke dunia riil. Angker sampai ada kasus tindak kriminalitas tindakan orang-orang yang tak bertanggungjawab yang menculik kenalan mereka di sosial media. bukan.

Mungkin maksud dan tujuan website yang memberikan ilmu cara internet tersebut sebelumnya memang bermaksud baik berharap membagikan berita. Akan namun dilain sisi, tidak disampingkan bahwa setiap penyampaian isu pasti akan menimbulkan efek bagi penerimanya. Nah, kita sebagai penerima kabar harus lebih waspada menyikapi apa yang kita terima dan serap. Jangan hingga lho terjebak dalam kemajuan internet, yang patut menolong bahkan jadi menyesatkan.